Lembaga Donasi Zona Madina - Dompet Dhuafa - Kemuliaan Mencintai dan Menyantuni Anak Yatim

Hadist Nabi, Aku dan orang yang menanggung anak yatim, kedudukannya di surga seperti ini, kemudian beliau shallallahu alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya

Kemuliaan Mencintai dan Menyantuni Anak Yatim

Lokasi Donasi Seluruh Indonesia

Sampai dengan Tanpa Batas Waktu



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Hadist Nabi, Aku dan orang yang menanggung anak yatim, kedudukannya di surga seperti ini, kemudian beliau shallallahu alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim, (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya”

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga Imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: Keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

 Bahkan dalam surah al-Maun Allah SWT berfirman, ”Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim.” (QS.107:1-2). Begitulah ajaran Islam memuliakan dan mengistimewakan anak-anak yatim.

Rasulullah SAW telah memberikan contoh pada kita untuk mencintai dan menyayangi anak yatim. Terlebih kepada mereka yang masih kecil, bergantung hidup, dan membutuhkan bantuan untuk menjalani kehidupannya.

Untuk itu, tidak heran jika Allah menjanjikan surga bagi kita yang menyantuninya. Menggertak anak yatim, mengambil hartanya, dan memanfaatkannya tentu bukanlah hal yang diajarkan dalam Islam. Adakah kita tergerak untuk memberikan cinta pada anak-anak yatim yang kekurangan dan membutuhkan bantuan?

Dalam ayat-ayat Alquran dan hadis dari Rasulullah SAW, menyampaikan banyak kemuliaan bagi mereka yang mencintai anak yatim. Tentunya, kita ingin sekali mendapatkannya, dan sebagai bekal untuk kehidupan kita di akhirat.

Berikut adalah kemuliaan bagi mereka yang mencintai dan menyantuni anak yatim:

  1. Menjadi Kebaikan Bagi Diri, "Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakanlah, "Memperbaiki anak-anak yatim itu amat baik bagimu." Qs. al-Baqarah: 220.
  2. Sebaik-baiknya Harta, "Mereka bertanya tentag apa yang mereka nafkahkan. Jawablah, Apa saja harta yang kamu nafkahkan, hendaklah diberikan kepda ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan." Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui." Qs. al-Baqarah: 215.
  3. Sebaik-baiknya Rumah, "Sebaik-baik rumah di kalangan muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk." HR. Ibn Majah.
  4. Jauh dari Azab Allah, Rasulullah SAW bersabda, "Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran di hari kiamat, Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan mengazab orang yang mengasihi anak yatim dan berlaku ramah padanya serta manis tutur katanya. Dia benar-benar menyayangi anak yatim dan mengerti kekurangannya, dan tidak menyombongkan diri pada tetangganya atas kekayaan yang diperoleh Allah kepadanya." HR. Thabrani.
  5. Dekat Dengan Surga, Rasulullah SAW bersabda, "Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini." Kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, seta agak merenggangkan keduanya. HR. Bukhari, Sahih Bukhori, Sahl bin Sa'ad As-Sa'idy.

 

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program

Logo Zona Madina - Dompet Dhuafa

Zona Madina - Dompet Dhuafa