Lembaga Donasi Zona Madina - Dompet Dhuafa - Bantu Musholla Nurul Hidayah Sekotong Lombok Barat Punya Toilet

Di dalam musholla tidak dijumpai adanya toilet. Jamaah yang ingin buang air kecil kerap kali menggunakan tempat wudhu untuk menunaikan hajat.

Bantu Musholla Nurul Hidayah Sekotong Lombok Barat Punya Toilet

Lokasi Donasi Nusa Tenggara Barat
Lokasi Donasi Nusa Tenggara Barat
Lokasi Donasi Nusa Tenggara Barat

Sampai dengan Tanpa Batas Waktu



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Di dalam musholla tidak dijumpai adanya toilet. Jamaah yang ingin buang air kecil kerap kali menggunakan tempat wudhu untuk menunaikan hajat.

Belum lama ini, saya berkesempatan mengunjungi Desa Tawun, Teluk Gok, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, bersama teman teman dari Kimia Farma dan Yayasan Rumah Cerdas Lombok, oleh dia kami diajak melihat-lihat peluang yang ada untuk pengembangan program pemberdayaan masyarakat . Saat tiba masuk shalat ashar saya minta diantarkan ke mushola atau masjid yang ada wilayah itu dan berjumpa dengan Jon, relawan Rumah Cerdas yang selama ini juga menjadi marbot Musholla Nurul Hidayah.

Musholla Nurul Hidayah, demikian masyarakat Desa Tawun memberikan nama untuk Musholla  kebanggaan warga tersebut, mushollanya besar untuk warga bahkan terlihat seperti bangunan masjid, namun saat saya ingin ke toilet tak dijumpai toilet di masjid itu, yang ada hanya kamar mandi berlantai plester tanpa pintu tertutup, terlihat hanya air mancur dari bak penampunan untuk orang berwudhu, dinding di sekelilingnya penuh lumut dan saluran pembuangan air tanpa bak penampunan air terlihat kusam dan kurang bersih.

“Suka malu bila ada teman atau tamu yang ingin sekedar buang air kecil, tak ada tempat yang layak dan bersih, sampai akhirnya sering kali tamu kita ajak ke Musholla Nurul Hidayah ini, habis mau gimana lagi, rumah-rumah penduduk juga tak punya toilet yang bagus, tempat wudhu musholla itu bisa jadi tempat buang air kecil sekalian, kalau mau buang air besar terpaksa ditahan sampai nanti ketemu di darat atau lari ke hutan sana” jari telunjuk mas Hamdan dari Yayasan Rumah Cerdas mengarahkan tangannya ke bukit tak jauh dari rumah penduduk.

Mas Hamdan menambahkan “Musholla ini bisa jadi pusat kegiatan masyarakat disini, pusat sumber belajar buat masyarakat sini, saya setiap kesini bawa buku-buku yang bisa dibaca oleh ibu ibu dan anak anak sekitar sini dan bila sudah ada toilet dan kamar mandi yang bersih dan rapi musholla ini juga bisa jadi contoh juga buat kesehatan masyarakat”. Ia dan kawan-kawan Rumah Cerdas berharap suatu saat semua itu bisa terwujud.

Nah sahabat bawa berkah, yuk..bantu mushola Nurul Hidayah Desa Tawun Sekotong Lombok Barat,  agar bisa punya toilet yang bersih dan sehat.

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program

Logo Zona Madina - Dompet Dhuafa

Zona Madina - Dompet Dhuafa