Lembaga Donasi Zona Madina - Dompet Dhuafa - Sucikan Diri dari Kafarat

Banyak di antara muslim yang sengaja melakukan dosa. Untuk membersihkan dosa yang telah dilakukan, orang tersebut wajib menunaikan kafarat. Kami akan membantu penyaluran kafarat untuk fakir miskin.

Sucikan Diri dari Kafarat

Lokasi Donasi Jawa Barat

Sampai dengan Tanpa Batas Waktu



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Banyak di antara muslim yang sengaja melakukan dosa. Untuk membersihkan dosa yang telah dilakukan, orang tersebut wajib menunaikan kafarat. Kami akan membantu penyaluran kafarat untuk fakir miskin.

Kafarat secara bahasa ialah tertutup/terselubung, Kafarat menurut istilah berarti suatu tebusan atau denda yang wajib dibayar oleh seseorang karena telah melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt.

Macam-macam Kafarat:

  1. Kafarat karena Membunuh. Kafaratnya adalah memerdekakan hamba sahaya atau berpuasa selama dua bulan berturut–turut, sebagaimana Qs. an Nisa: 92.
  2. Kafarat karena Melanggar Sumpah Menggunakan Asma Allah. Kafaratnya antara lain: memerdekakan seorang budak atau memberi makan 10 orang miskin masing–masing 1 mud atau pakaian 10 orang miskin atau puasa 3 hari, sebagaimana Qs. al Maidah: 89.
  3. Kafarat karena Membunuh Binatang Buruan atau menebang/memotong/mencabut tanaman saat Ihram di Tanah Suci: kafaratnya salah satu berikut ini: memotong seekor kambing atau memberi Fidyah kepada fakir miskin senilai satu kambing itu atau berpuasa selama 10 hari. 
  4. Kafarat karena Dzihar (Menyerupakan Punggung Istrinya dengan Punggung Ibunya). Kafaratnya adalah memerdekakan budak atau berpuasa dua bulan berturut–turut, jika tidak mampu maka harus memberi makan kepada 60 fakir miskin, sebagaimana Qs. Al-Mujadilah: 3-4.
  5. Kafarat Ila' (Sumpah Suami untuk Tidak Menggauli Istrinya dalam Waktu Tertentu). Kafaratnya sama dengan kaffarat sumpah. Karena ila’ itu adalah bersumpah untuk tidak menggauli istri.
  6. Kafarat karena Melakukan Hubungan Suami Istri di Siang Hari pada Bulan Ramadhan. Kafaratnya melakukan satu dari 3 hal: memerdekakan budak atau berpuasa dua bulan berturut-turut atau memberi makan enam puluh orang miskin masing-masing 1 mud.

 

Dalam menghitung 1 mud berapa rupiah? maka mudahnya adalah 1 mud disesuaikan dengan harga makanan pokok yang siap disantap. Atau lebih mudahnya disesuaikan dengan harga satu porsi makanan standar yang berlaku di sebauh lingkungan orang yang hendak membayar kafarat.

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program